Bandarlampung, — Penjabat Gubernur Lampung Samsudin membuka Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peran Saka) Daerah Lampung, yang berlangsung di Lapangan Graha Bhakti Pramuka Kwarda Lampung, Bandarlampung, Rabu (24/7/2024).

Pembukaan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta dan pelepasan balon oleh Pj. Gubernur Lampung Samsudin.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Samsudin mengajak seluruh kader bersinergi dan berkolaborasi membangun negeri Menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Samsudin menyampaikan bahwa kegiatan Peran Saka Daerah Lampung adalah momen istimewa yang berguna untuk memperkuat tali persaudaraan, menambah pengetahuan, pengalaman, dan mengembangkan potensi diri. “Saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini,” ujar Pj. Gubernur Samsudin.

Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang terus dikembangkan sesuai dengan perubahan zaman dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik generasi penerus bangsa untuk menyambut masa keemasan tanah air Indonesia Tahun 2045.

“Tadi saya dilaporkan ada berbagai Saka yang ada di Lapangan ini, tentu saya berharap Saka-saka yang ada ini kalau masih belum memenuhi tuntutan zaman dan perkembangan kekinian, perlu ada Saka-saka tambahan yang sesuai dengan perkembangan kekinian, seperti Saka Siber atau Saka Digital karena zaman sudah berubah,” ujarnya.

Samsudin menyampaikan bahwa Peran Saka adalah Perkemahanan Antar Satuan Karya Pramuka ajang pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka, kegiatan berbentuk perkemahan yang diselenggarakan oleh kwartir di wilayahnya. “Salah satu elemen penting dalam Gerakan Pramuka adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega karena merekalah generasi muda yang akan meneruskan estafet kepemiminan bangsa Indonesia,” jelasnya.

“Kegiatan perkemahan ini sangat baik untuk mempererat persaudaraan dan bertukar pikiran serta menyatukan berbagai aktivitas yang inovatif kreatif, edukatif dan produktif dalam bentuk perkemahan,” tambahnya.

Adapun tema pada hari ini Peran Saka Daerah Lampung yaitu Sinergi dan Kolaborasi Dalam Membangun Negeri Menuju Indonesia Emas Tahun 2045.
“Dari tema yang diangkat menujukkan bahwa Generasi Pramuka Lampung mempunyai sinergi untuk melakukan kolaborasi, menyukai tantangan dan persahabatan. Untuk mencapai tujuan yaitu membina persaudaraan dan persatuan Pramuka penegak dan pandega Lampung yang dapat membentuk watak dan pengembangan keterampilan sebagai kehidupan bermasyarakat,” ujar Pj. Gubernur Samsudin.

Pj. Gubernur Samsudin berharap kader Pramuka dapat menyukseskan kegiatan Peran Saka Daerah Lampung ini yang telah dilaksanakan sedari tanggal 23 Juli 2024 hingga nanti ditutupnya kegiatan pada tanggal 27 Juli 2024. “Pramuka bukan hanya sekedar organisasi, tetapi juga merupakan sebuah gerakan yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral generasi muda. Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, kita akan belajar nilai-nilai seperti kepemimpinan, kerja sama, tanggung jawab, kreativitas, dan masih banyak lagi. Semua nilai-nilai ini akan membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik dan siap menghadapi masa depan,” ujarnya.

Pj. Gubernur Samsudin juga mengingatkan kepada semua kader pramuka untuk tidak terlibat dalam judi online maupun pinjaman online. Pramuka selalu hadir menjadi yang terbaik di Provinsi Lampung.

Pj. Gubernur Samsudin mengingatkan semangat dalam kepramukaan adalah semangat kebangsaan. Pramuka adalah generasi muda yang akan membawa harapan dan masa depan bangsa ini. “Marilah untuk menjadi contoh yang baik dan terus berkontribusi untuk negara kita, khususnya untuk masyarakat di Provinsi Lampung. Selamat dan semangat dalam mengikuti Peran Saka Daerah Lampung ini, semoga kita semua dapat meraih kesuksesan dan kenangan yang tak terlupakan,” ujarnya.

Seperti diketahui, kegiatan Peran Saka Daerah Lampung Tahun 2024 ini diikuti sebanyak 521 peserta yang terdiri Kwartir Cabang se-Kwartir Daerah Lampung, Pimpinan Kontingen Cabang se-Kwartir Daerah Lampung, dan Bindamping Cabang se-Kwartir Daerah Lampung.

Usai membuka secara resmi Peran Saka Daerah Lampung, Pj. Gubernur Samsudin menyempatkan untuk meninjau stand Saka dan lokasi perkemahan.

Hadir dalam pembukaan Peran Saka antara lain, Ketua Harian Kwarda Lampung Zainuri, Sulpakar, M Zulkarnain dan pengurus Kwarda lainnya