News Admin
Live
wb_sunny

Breaking News

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan menggelar Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan menggelar Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih

Way Kanan.Beraninews 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan menggelar Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih serta penggunaan aplikasi E-Coklit untuk PPK,PPS dan  Pantarlih  se Kabupaten Way Kanan jelang Pemilihan Kepala Daerah  tahun 2024. Bimtek dilaksanakan Aula Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Way Kanan , Rabu, 19 Juni 2024.

kegiatan ini dihadiri oleh Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan,S.H, I Gede Klipz Darmaja, Tri Sudarto, Sekretaris, Kasubbag, Ketua Bawaslu Way Kanan Sukidra, Syahrul (dukcapil) dan Ketua PPK, Pokja data dan Pokja SDM se-kabupaten way kanan.

acara dibuka langsung oleh Refki (ketua)  menerangkan bahwa E-Coklit adalah aplikasi yang dibuat KPU RI untuk memudahkan Pantarlih dalam melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit). Dimana dalam penerapannya, Pantarlih akan menggunakan smartphone (handphone) untuk memasukkan data pemilih ke dalam sistem.

“Melalui kemudahan ini diharapkan seluruh wilayah bisa digunakan aplikasi E-Coklit,” ujarnya.

I Gede Klipz Darmaja Kadiv Rendatin menambahkan Pantarlih adalah salah satu badan adhoc KPU untuk melaksanakan Coklit di tahapan pemutakhiran data pemilih.

“Jadi Pantarlih itu panitia pemutakhiran data pemilih. Pantarlih akan turun ke lapangan dari rumah ke rumah untuk memastikan data pemilih telah sesuai,” jelasnya.

Jika Pantarlihnya selesai dibentuk, dilanjutkan tahapan pemutakhiran data pemilih," imbuhnya

Tri Sudarto selaku kadiv Sosdiklih,Parmas dan SDM menjelaskan proses seleksinya, Pantarlih akan dilakukan rekrutmen di tingkat PPS masing-masing desa/kelurahan mulai pendaftaran, verifikasi administrasi hingga pengumuman semuanya di tingkat PPS.

Tri melanjutkan untuk kebutuhan Pantarlih se-Kabupaten Way Kanan sebanyak 1.310 orang.

"TPS yang DPT-nya lebih dari 400 pemilih, maka Pantarlihnya 2 orang," pungkasnya.

kegiatan dilanjutkan dengan pengunaan aplikasi e-coklit berbasis web dan Mobile yang dijelaskan oleh Tim Datin KPU Way Kanan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar