News Admin
Live
wb_sunny

Breaking News

Ribuan masyarakat kunjungi Taman Cakat , " Taman Mini Tulang Bawang" .

Ribuan masyarakat kunjungi Taman Cakat , " Taman Mini Tulang Bawang" .

Tuba. Beraninews.

Setelah sebagian Taman Cakat diperbaiki masyarakat mulai mendatangi destinasi wisata kebanggaan warga Tulang Bawang. Hari ini Minggu 17 Desember 2023 ribuan warga berkunjung ke tempat rekreasi keluarga ini.

Wisata Cakat Raya ini berdiri miniatur bangunan adat dan suku yang tinggal di Tulang Bawang Lampung seperti beberapa rumah adat Jawa (Joglo), Batak (Batak Toba) dan juga rumah adat Sumatera Barat (Minangkabau). Karena konsepnya itu, kemudian orang menyebut kawasan wisata Cakat Raya ini dengan nama “Taman Mini Tulang Bawang" 

Candi Prambanan selain ada di perbatasan Kabupaten Sleman dan Klaten juga dapat di temukan di Menggala tepatnya di komplek wisata Cakat Raya Menggala Jalan Lintas Sumatera di Desa Cakat Raya, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang. Candi Prambanan di Menggala merupakan miniatur dari candi Prambanan sesungguhnya karena ukurannya lebih kecil dari aslinya.

Sempat terbengkalai Taman Cakat Hampir puluhan tahun akhirnya di masa jabatan Pj. Bupati Tulang Bawang Drs. Qudrotul Ikhwan , M.,M, kembali di perbaiki sebagian fasilitas yang ada .

Taman Cakat ini mulai terlihat keindahaan terutama di Candi Prambanan saat ini terlihat jelas lebih baik  terutama dibagian tamàn sekitar Candi dan dimalam hari lampu yang menghias nya terlihat indah .

Selain itu dibangun beberapa Gajebo untuk masyrakat beristirahat berkumpul dengan kèluarga dan family nya , Tama-taman yang di hias denga pohon-pohon cantik memanbah keindahan di sekitarnya .

Masyarakat sangat senang atas di bukanya kembali Taman Cakat dengan perbaikan yang ada, hal ini diungkapkan oleh Aldi warga Menggala.

" Almandulliah Taman Cakat sudah diperbaiki dan sungguh indah pemandangan dan situasi disini saat ini." Tambahya.

Kami berterima kasih kepada Pj. Bupati Tulang Bawang Drs. Qudrotul Ikhwan , M.,M, yang telah berkenan perbaiki sebagian fasilitas yang ada Taman Cakat , sekarang kami merasa bangga punya Taman Cakat Taman Mini Tulang Bawang ." Kata Aldi.

Semoga semua fasilitas di Taman Cakat dapat diperbaiki sehingga makin banyak lagi tempat yang dapat dikunjung masyrakat disini." Tutupnya.

Walaupun sudah banyak dikunjungi masyarakat perlu ada perbaiki seperti di buat jalan masuk dan keluar jangan satu arah , karena jalan masuk yang ada cukup dilewati 1 mobil saja dan perlu ditambahkan ratusan meter lagi jalan masuk yang perlu di hotmix dan perlu pagar dan gapura masuk .

Saat ini sangat perlu juga dibentuk Pokdarwis  Kelompok Sadar Wisata oleh Desa Setempat  yang dapat mèmbantu Dinas terkait untuk menata perparkiran dan juga keamanan di Taman Cakat Desa Cakat Raya, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang.(**)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar