News Admin
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab Tubaba Lakukan Penyembelihan Hewan Qurban Bebas Penyakit

Pemkab Tubaba Lakukan Penyembelihan Hewan Qurban Bebas Penyakit

PANARAGAN--Beraninews.

 Pemerintah kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melakukan penyembelihan hewan qurban sebanyak 13 ekor sapi. Penyembelihan tersebut dilakukan dipelantaran halaman kantor pemkab setempat pada Kamis, 29/06/2023.

Penyembelihan, pemotongan, serta pembagian hewan qurban itu dihadiri langsung oleh pj bupati Tubaba Drs. M. Firsada, M.Si., sekretaris daerah Novriwan Jaya, S.P., asisten 1 bidang pemerintahan dan kesejahtraan rakyat (kesra) Dra. Bayana, M.Si., kepala kesatuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol- PP) Fajril Hikmah, kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan (kadis nakkeswan) Drh. Ahmad Nazarudin, kepala bagian (kabag) kesra Nurkholis Majid, S.E., M.M. serta para pejabat dan pegawai lainya dilingkup pemkab Tubaba. 

Dijelaskan kabid kesra Nurkholis Majid, S.E., M.M. bahwa penyembelihan hewan qurban pada tahun ini cukup mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Total secara keseluruhan hewan qurban untuk sapi sebanyak 13 ekor dengan rincian 2 ekor untuk Polres, 2 ekor PWI, 1 ekor untuk Persatuan masjid, dan sisanya 8 ekor untuk pegawai yang berqurban diinternal pemkab Tubaba. 

Gerakan Tubaba berqurban kali ini di kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 1444 H/ 2023 M. Dengan mengusung tema "Kurban representasi dari keiklasan, ketaatan, dan pengorbanan yang sempurna". 

      "Untuk total hewan qurban berjenis kambing sebanyak 163 ekor. Dengan rincian 1 ekor untuk salah satu ponpes, dan sisa yang lainya untuk tiyuh- tiyuh yang ada pada 6 kecamatan di kabupaten Tubaba "Tambahnya Nuholis.

Sementara itu, Asisten 1 bidang pemerintahan dan kesra Dra. Bayana, M.Si. mewakili pemkab Tubaba membenarkan hal tersebut. Pembenaran tentang penyaluran hewan qurban dan rincianya yang telah disampaikan oleh pihak kabag kesra Nurkholis Majid, S.E., M.M. 

Drinya juga menyebutkan tentang pembagian untuk para pegawai diinternal pemkab Tubaba. Bagi yang berqurban masing- masing mendapatkan 3 kantong. Selebihnya akan dibagikan dengan kebijakan masing- masing OPD atau peserta qurban.

Ia juga menyebutkan pada tahun 2023 tahun ini pemkab Tubaba mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam hal berqurban. Pada tahun sebelumnya untuk tiyuh hanya 1 ekor sekarang mengalami kenaikan menjadi 5 ekor. Untuk pemkab sebelumnya hanya 9 ekor dan sekarang sebanyak 13 ekor.

    "Ini semua tentu tidak lepas dari upaya- upaya kita untuk terus mensosialisasikan tentang pentingnya berqurban dan berbagi untuk sesama "Ungkapnya.

Masih ditempat pemotongan hewan qurban, kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan (kadis peternakan keswan) Drh. Ahmad Nazarudin mengatakan untuk hewan yang telah dipotong atau diqurban sudah bebas penyakit. Hal tersebut dikarenakan tiga pekan sebelumnya pihak disnakwan telah melakukan sosialisasi pada masyarakat serta telah membentuk tim untuk melakukan pengecekan terhadap hewan qurban yang akan dipotong.

   "Pihak kami telah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat untuk selalu waspada terhadap berbagai penyakit hewan. Seperti penyakit mulut dan kuku (pmk) pada tahun lalu,  dan pada tahun ini penyakit benjolan pada kulit. Kita juga berharap kepada masyarakat Tubaba untuk dapat lebih semngat beternak. Jangan pernah ragu, dan risau terhadap penyakit hewan ternak. Segera laporkan secara tertulis kepada dinas peternakan dan kesehatan hewan agar dapat segera ditindaklanjuti "Tuturnya. (ERWANSYAH)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar