News Admin
Live
wb_sunny

Breaking News

BNPB Pusat dorong BPBD Mesuji Bentuk Destana 

BNPB Pusat dorong BPBD Mesuji Bentuk Destana 

 


Jakarta-Beraninews


 Badan Nasional  Penanggulangan Bencana(BNPB) mendorong pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Badan  Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) berkoordinasi dengan pemerintah Desa di Kabupaten setempat untuk segere bentuk  Desa Tanggap Bencana(Destana) dan Forum Pengurangan Resiko Bencana(FPRB).


Hal ini di ungkapkan Direktur Kesiap Siagaan Deputi bidang pencegahan BNPB Drs.Pangarso Suryatomo, saat menerima kunjungan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Mesuji Sunardi Nyerupa mendampingi Kepala Bidang (Kabid) pencegahan & kesiapsiagaan Maulana Irwanto,ST, diruang kerjanya,Jumat(02/03/23)



"Pembentukan Destana dan FPRB ini sesuai dengan amanat Udah ada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana mengamanatkan untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana,"terang pangarso.


Karena lanjut Pangarso,Salah satu strategi untuk mendeteksi ancaman becana adalah melalui pengembangan desa/kelurahan tangguh terhadap bencana dengan upaya pengurangan risiko bencana berbasis komunitas (PRBBK),proses pengelolaan risiko bencana melibatkan secara aktif masyarakat dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau dan mengevaluasi risiko bencana untuk mengurangi kerentanan dan meningkatkan kemampuannya.


"Dengan melibatkan masyarakat, akan memudahkan  Pemerintah Daerah mengenali ancaman,bahaya dan mengurangi resiko saat terjadi bencana,"paparnya.


Terkait hal tersebut,ditempat yang sama, kepala Bidang  pencegahan dan kesiapsiagaan Maulana Irwanto,ST mengaku jika pihaknya telah mengusulkan  pembentukan Desa Tangguh Bencana untuk kabupaten Mesuji dimana Kabupaten Mesuji terdapat 27 Desa yang memiliki tingkat rawan bencana tinggi yg menjadi langganan bencana setiap tahunnya.


"Namun saat ini bentuknya baru usulan yang kita sampaikan ke BNPB,untuk dapat di akomodir,hal ini karena mengingat terbatasnya anggaran APBD Mesuji,"terang Maulana.



Direktur Direktur Kesiap Siagaan Deputi bidang pencegahan,untuk membentuk Destana dan FPRB,Maulana berjanji akan segera ditindak lanjuti,"pasti akan kita tindak lanjuti untuk usulan Direktur, dan kami segera berkoordinasi dengan Bupati serta pemerintah desa di Kabupaten Mesuji,"tutupnya.(*) 


.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar