News Admin
Live
wb_sunny

Breaking News

Amankan Produksi Padi Dinas TPHP bersama Petani Lakukan Gerdal Hama Tikus

Amankan Produksi Padi Dinas TPHP bersama Petani Lakukan Gerdal Hama Tikus

 


Negeri Agung .Beraninwws.

Upaya pengamanan produksi pertanian di masa pandemi covid 19 ini sangat penting jangan sampai serangan semakin meluas dan terlambat bertindak sehingga merugikan masyarakat. RABU (23/6)

Untuk itu kegiatan pengendalian (gerdal) hama tikus melalui aksi gropyokan yang dilakukan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Way Kanan bersama UPT,Korlu, POPT PPL & Poktan subur dan  Sri Rejeki Kampung Kota baru Kecamatan Negeri Agung .Acara pengandalian hama tikus ini dihadiri oleh Sekretatis Dinas TPHP Rofiki, S.TP, MM


Menurut Sekretaris Dinas TPHP acara ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk mengurangi serangan tikus per tanaman padi sawah dan mengamankan produksi padi di Kampung. 


Menurut Rofiki, S.TP,MM Sekretaris Dinas TPHP Kabupaten Way Kanan yang ikut serta dalam aksi

" kegiatan  gropyokan merupakan salah satu  kunci keberhasilan pengendalian tikus , dinas berharap petani mampu menggerakkan kekompakan sebab ini penting dalam melakukan gerakan pengendalian secara bersama sama." Ujar Sekretaris.

selain itu juga Rofiki menambahkan Pelaksanaan gerakan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman pangan dan holtikultura dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil pengamatan petugas pengendalian organisme Pengganggu Tumbuhan-Pengamat Hama Penyakit (POPT-PHP) di areal pertanaman petani. 


Sementara itu Eka Susanti  selaku Koordinator Penyuluh (Korlu) merangkap PPL Kampung Kota Baru mengatakan bahwa pengamatan organisme pengganggu tumbuhan merupakan salah satu prinsip dasar dari sistim pengendalian hama terpadu yang digaungkan Kementerian Pertanian dan kegiatan aksi gropyokan merupakan upaya aksi nyata pengendalian hama bersama dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian dimasa pandemi ini.


Kegiatan aksi gropyokan pengendalian (gerdal) hama tikus Dinas TPHP Kabupaten Way Kanan dikatakan Abdi Setiawan Roza 

Dalam kegiagan ini juga Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pertanian Kecamatan Negeri Agung menyerahkan  bibit jeruk kepada masyarakat untuk pemanfaatan pekarangan bagi anggota KWT Mekar Sari Kampung Kota Baru .

" kita berharap kelak dengan diberikan bibit jeruk ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin C  dan bisa meningkatkan ekonomi keluarga ." Pungkas Abdi. (***)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar