News Admin
Live
wb_sunny

Breaking News

Kembali 7 warga Way Kanan terkomfirmasi positif covid 19

Kembali 7 warga Way Kanan terkomfirmasi positif covid 19

 


Way Kanan. BERANINEWS.


Adanya  penambahan 7 (tujuh) kasus yang terkonfirmasi positif covid-19  di Kabupaten Way Kanan dibenarkan Juru Bicara TIm covid 19 Kabupaten Way Kanan Anang Risgianto S.Km.M.Kes Kadis Kesehatan .Senin (26/4)


Menurut kadis Kesehatan penambahan kasus hari ini merupakan kasus baru dan bergejala. Adapun datanya 7 orang terkomfirmasi positif  Covid 19 adalah sebagai berikut:


1. Nama : P 129/Tn. Bu

Usia : 85 tahun

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : Kampung Negeri Batin, Kecamatan Umpu Semenguk


2. Nama : P 130/Tn. Su

Usia          : 35 tahun

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : Kampung Negeri Baru, Kecamatan Umpu Semenguk


3. Nama : P 131/Tn. Ru

Usia : 62 tahun

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : Kampung Suka Negeri, Kecamatan Gunung Labuhan


4. Nama : P 132/Tn. Mr

Usia : 73 tahun

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : Kelurahan Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung


5. Nama : P 133/Tn. Pu

Usia : 33 tahun

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : Kampung Sumber Rejeki, Kecamatan Negeri Agung


6. Nama : P 134/Ny. In

Usia         : 56 tahun

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : Kampung Kalipapan, Kecamatan Negeri Agung.


7. Nama : P 135/Ny. TS

Usia          : 26 tahun

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : Kampung Negeri Batin, Kecamatan Umpu Semenguk.


Riwayat P 129 – P 135

Kasus ini merupakan kasus baru dan bergejala yang ada di Kabupaten Way Kanan, antara lain:


- P 129/Tn. Bu, pasien datang ke RS dengan keluhan batuk berdahak kurng lebih 3 bulan, sesak dan demam, dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid antigen hasil positif, selanjutkan dirawat di RS untuk mendapatkan perawatan yang lebih terkontrol.


- P 130/Tn. Su, dibawa oleh keluarga berobat ke RSUD ZAPA, dengan keluhan nyeri perut, mual dan sesak kurang lebih 1 minggu. karena pasien bergejala, lalu dilakukan pemeriksaan rapid antigen dengan hasil  positif, selanjutnya dilakukan perawatan supaya lebih terkontrol kesehatannya.


- P 131/Tn. Ru, pasien berobat dengan keluhan sesak nafas, batuk dan mempunyai riwayat penyakit DM dan asma, lalu dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid antigen hasil positif, Selanjutnya dirujuk ke RS ZAPA, hal ini dilakukan untuk mendapatkan perawatan yang lebih terkontrol.


- P 132/Tn. Mr, pasien dibawa oleh keluarga ke Puskesmas Pisang Baru dengan keluhan badan lemas, sesak nafas, batuk, mual, muntah, tidak ada nafsu makan, lalu dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid antigen hasil positif. Selanjutnya dirujuk ke RS ZAPA, hal ini dilakukan untuk mendapatkan perawatan yang lebih terkontrol.


- P 133/Tn. Pu, pasien ada riwayat mengadakan pesta pernikahan. Pasien dibawa ke Nakes terdekat karena mempunyai keluhan mual, muntah, disertai dengan demam dan pilek. Pasien mempunyai riwayat gastritis. Karena kondisi pasien tidak kunjung membaik, keluarga membawa pasien berobat ke RS ZAPA, lalu dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid antigen hasil positif.


- P 134/Ny. In, Pasien dan keluarga mempunyai riwayat perjalanan keluar daerah (Jawa Tengah). Pasien merasakan badan lemas, mual, muntah dan tidak mau makan, lalu dibawa oleh keluarga berobat ke Nakes terdekat. Karena kondisi pasien tidak kunjung membaik, keluarga membawa pasien berobat ke RS ZAPA, lalu dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid antigen hasil positif.


- P 135/Ny. TS, ada riwayat kontak erat dengan rapid antigen positif, dan mempunyai gejala hilang penciuman dan flu sejak 1 minggu yang lalu, dilakukan skrining dengan pemeriksaan rapid test antigen hasil positif. Selanjutnya dirujuk ke RS ZAPA, hal ini dilakukan untuk mendapatkan perawatan yang lebih terkontrol.


Hari ini hasil swab PCR pada P 129 – P 135 menunjukkan hasil positif terkonfirmasi Covid-19, kepada pasien karena masih bergejala tetap dilakukan perawatan dan pemantauan di ruang isolasi RS ZAPA. 

Atas kondisi tersebut,maka perkembangan pemantauan Covid-19 Kabupaten Way Kanan sampai dengan hari ini adalah sebagai berikut: 

1. Warga dipantau/pelaku perjalanan: 25.307

2. Suspek: 0

3. Probable : 0

4. Konfirmasi: 135

5. Selesai Isolasi: 108

6. Dirawat: 22

7. Kematian konfirmasi: 5


Adapun langkah-langkah tindak lanjut yang akan dilakukan: Dilakukan tracing kepada yang pernah kontak erat dengan pasien Covid-19.Dilakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan pasien.Melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.Yang sudah selesai isolasi tetap melakukan protokol kesehatan untuk menghindari penularan ulang dari lingkungannya.


Selanjutnya kembali kami mengingatkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan, yaitu dengan 3M:

1. Memakai masker.

2. Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

3. Menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas.


Dengan selalu menjaga diri kita dengan 3M, maka kita juga menjaga keluarga serta orang-orang terdekat kita dari penularan virus Corona dan tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Demikian sebagai informasi Terimakasih.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan Anang R.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar