News Admin
Live
wb_sunny

Breaking News

Sosialisasi Kegiatan Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) , Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan adakan pelatihan SIKS-NG

Sosialisasi Kegiatan Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) , Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan adakan pelatihan SIKS-NG



Way Kanan.Beraninews.

Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan selama dua hari sejak tanggal 20 - 21 Februari 2019 melakukan kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) bagi penerima manfaat bantuan sosial se-kabupaten Way Kanan bertempat di aula kantor Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan.



Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Sosialisasi Kegiatan Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) Kabupaten Way Kanan pada minggu yang lalu (12/2/2019),

Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Way Kanan sebanyak 14 orang, Koordinator Kabupaten 1 orang, operator Kabupaten 4 orang dan petugas dari Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan sebanyak 4 orang.

Dimana nantinya mereka inilah yang akan melatih para petugas yang berasal dari 227 kampung/selurahan se-Kabupaten Way Kanan tentang bagaimana melakukan pemutakhiran basis data terpadu melalui aplikasi SIKS-NG Kementerian Sosial RI.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan Pardi, SH  meminta kerjasama dari seluruh Kepala Kampung dan Lurah se-kabupaten Way Kanan untuk ikut bersama-sama membantu suksesnya pelaksanaan kegiatan verifikasi dan validasi BDT Tahun 2019 yang akan dilakukan langsung oleh petugas validasi dan operator yang berasal dari kampung/kelurahannya masing-masing.

 Mengingat Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan hanya mampu menganggarkan dana untuk melatih Satu  petugas verifikasi dan validasi serta Satu  operator yang akan melakukan verifikasi dan validasi data fakir miskin penerima bantuan sosial. Sedangkan untuk honorarium bagi para petugas tersebut, diharapkan dapat dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBK) Tahun 2019 di masing-masing kampung/kelurahan.

Manfaat dari kegiatan pelatihan pemutakhiran basis data terpadu fakir miskin penerima bantuan sosial ini Yakni  mensosialisasikan dan memberikan bimbingan secara teknis aplikasi SIKS-NG kepada  operator dan Koordinator Kecamatan, mensosialisasikan tata cara verifikasi dan validasi data kemiskinan kepada operator dan koordinator Kecamatan dan mensosialisasikan instrument BDT kepada operator dan koordinator Kecamatan.

Hadir dalam acara pembukaan pelatihan itu Kepala BPS Way Kanan sekaligus memberikan materi serta petugas dari Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) Kementerian Sosial RI yang juga memberikan penjelasan bagaimana teknis pelaksanaan verifikasi dan validasi basis data terpadu tersebut. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.