News Admin
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Kabupaten Way Kanan Adakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Bawaslu Kabupaten Way Kanan Adakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu



Way Kanan.Berani News.
Dalam rangka untuk memberikan motivasi pengawasan kepada ormas dan perguruan tinggi, para pemilih pemula dan kalangan pers,  Bawaslu Kabupaten Waykanan, melaksanakan sosialisasi Pengawasan Pemilu, DPD, DPR, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden,  yang dilaksanakan di Aula SMK YP 17 Baradatu, Rabu (14/11).



Dalam keterangannya Ketua Bawaslu Waykanan Yessy Karniansyah menjelaskan, bahwa kegiatan ini yang pertama dan terakhir dilaksanakan, mengingat kegiatan ini sangat penting,

bertujuan kegiatan sosialisasi  untuk meningkatan peran serta ormas dan perguruan tinggi dalam melaksanakan pengawasan terhadap jalannya Pemilu pada April 2019 mendatang.

"Kami menyadari bahwa Bawaslu dalam melaksanakan pengawasan, tanpa adanya peran serta dari elemen ormas dan perguruan tinggi, tidak mampu untuk melaksanakan pengawasan secara maksimal, mengingat keterbatasan personil yang ada,"kata Yessy.


Kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh elemen masyarakat ini meliputi, pengawasan, pencegahan dan penindakan. Bawaslu akan melaksanakan pengawasan secara langsung kelapangan, bebarengan dengan Panwascam, dan Pengawas Lapangan.

Yang disosialisasikan dalam kegiatan ini, meliputi, tata cara pengaduan, seandainya ditemukan kejadian dilapangan, hal-hal yang dilarang dalam berkampenye, zona kampanye. Demikian dengan pencegahan dan penimdakan.
"Bawaslu akan melakukan croscek terhadap pengaduan pelanggaran, untuk mengetahui sejauhmana kebenarannya, dan bila telah ditemukan secara otentik kebenarannya, maka akan dilaksanakan penindakan,"jelas Yessy.

Berkaitan dengan APK, Yessy dengan gamblang menjelaskan, bahwa pemasangan APK harus sesuai dengan zona yang telah dibuktikan, namun kenyataannya dilapang, masih banyak APK yang dipasang diluar zona tersebut, sehingga terkesan semrawut, karena pemasangan APK tersebut terbanyak dipasang di pohom sepanjang jalan, baik jalan lintas maupun jalan kabupaten.
"Untuk melaksanakan penertiban APK tersebut, Bawaslu akan berkoordinasi dengan Pol PP,"tegasnya.(Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar