News Admin
Live
wb_sunny

Breaking News

Iswandi Pengrajin Batik Ramik Ragom Way Kanan Siap Bersaing

Iswandi Pengrajin Batik Ramik Ragom Way Kanan Siap Bersaing



Way Kanan.Berani NEWS.
Ada sesuatu yg terasa kurang ketika melihat seragam batik  para pejabat yang ada di Way Kanan tidak mencirikan nuansa khas budaya , adat istiadat maupun simbul-simbul tenang Bumi Ramik Ragom.



Way Kanan kaya akan potensi alamnya maupun budaya peninggalan nenek moyang , seperti kampung wisata lestari Gedung Batin maupun potensi alamnya, di mana Way Kanan  di juluki Negeri Seribu Air Terjun.

Selain itu potensi sumber alam dari hasil Petani baik berupa tanaman palawija maupun tanaman perkebunana , khususnya kopi juga bagus untuk motip pembuatan batik.

Iswandi pengrajin Batik dari Kampung Bukir Gemuruh Kecamatan Way Tuba merasa terharu atas kedatangan dari Media Berani News untuk mengangkat potensi kerajinan batik yang perlu di bantu pengembngan nya.

Dalam waktu dekat saya akan kembali keliling ke daerah way kanan yang kaya akan  budaya dan  potensi pariwisata , untuk menperkaya motif dan ragam jenis pola gambar." ujar  Pak Is panggilan akrab sehari-hari.


Di kampung Bukit Gemuruh dan sekitarnya udah ada 40 masyarakat yang telah dilatih membuat batik." tambah Pak Is .
Dan ada 15 masyarakat di kecamatan kasui yang sudah di latih batik .

Kami sanggup pak untuk bersaing dengan hasil pengrajin batik dari luar daerah Way Kanan , Asal kan di berikan kesmpatan oleh Bupati dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten untuk merancang motif yang diinginkan .


Selain itu juga Pak Is sangat kecewa dengan pakain batik yang di pakai oleh pejabat Way Kanan tidak mencerminkan budaya, ada istiadat , potensi Alam maupun simbul-simbul yang ada di way kanan.

Dia berharap di berikan kesempatan untuk pembuatan batik pejabat way kanan, sehingga karya masyarkat nya akan terangkat apabila pejabatnya menakai hasil kerajinan batik ramik ragom.

Selain itu kami juga berminpi kalau hasil kerajinan kami dipakai buat menperingati hari Ulang Tahun Way Kanan atau Festival Raden Djambat." imbuh Iswardi.


Permintaan pengrajin ini tidak lah muluk-muluk perkenalkan dan pergunakan produk lokal untuk di jadikam icon atau seragam dalam rangka kegiatan baik para pejabat maupun ibu pejabat.

Pengrajin Batik Ramik Ragom juga minta kepada Bapak Bupati untuk  menpesiapkan untuk seragam batik anak-anak sekolah , akan terlihat indah dan rapi bila diseragamkan  dengan motif khas Way Kanan dengan yang dijuluki Negeri Seribu air Terjun, Kampumg Wisata Lestari dll. (Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar